Informasi Unik dan Menarik

Responsive Ads Here

Selasa, 28 November 2017

Inilah 5 Jenis Reksadana Yang Wajib Kamu Ketahui


Sebelum berinvestasi reksadana, anda diharuskan untuk mengetahui jenis reksadana apa yang paling sesuai untuk anda dengan cara mengisi profil risiko. Hasil dari profil risiko tersebut kurang lebih akan menunjukkan tipe investor seperti apakah diri anda. Apakah anda termasuk investor jenis konservatif yang cenderung mengindari risiko sehingga cocok untuk memilih jenis investasi reksadana yang memiliki risiko rendah, atau Anda termasuk investor tipe moderat yang cukup berani untuk menerima risiko dan menginginkan keuntungan yang sepadan, atau bahkan Anda adalah investor jenis agresif yang menginginkan keuntungan yang tinggi dan juga berani untuk menerima risiko yang tinggi.

Para investor reksadana tentunya akan disarankan untuk memilih jenis reksadana yang sesuai dengan profil resiko dan tujuan investasi. Berikut adalah 5 jenis reksadana yang harus Anda kenali sebelum benar-benar memutuskan untuk berinvestasi di sebuah produk reksadana.

Reksadana Pasar Uang

Reksadana yang hanya melakukan investasi pada instrumen pasar uang dalam negeri dan/atau Efek bersifat utang yang diterbitkan dengan jangka waktu tidak lebih dari 1 (satu) tahun dan/atau sisa jatuh temponya tidak lebih dari 1 (satu) tahun. Jenis Reksadana ini cocok untuk investasi jangka pendek (<1 tahun) dan/atau cocok untuk investor dengan profil risiko sangat konservatif. 

Reksadana Terproteksi

Reksadana dengan mekanisme proteksi 100% pada nilai investasi awal apabila investasi dipertahankan sampai tanggal jatuh tempo dan tidak berlaku apabila dicairkan sebelum tanggal jatuh tempo. Jenis Reksadana ini cocok untuk investasi dengan jangka waktu 1 – 3 tahun dan/atau cocok untuk investor dengan profil risiko konservatif. 

Reksadana Pendapatan Tetap

Reksadana Pendapatan Tetap adalah Reksa Dana yang melakukan investasi paling sedikit 80% (delapan puluh persen) dari Nilai Aktiva Bersih dalam bentuk Efek bersifat utang. Jenis Reksadana ini cocok untuk investasi dengan jangka waktu 1 - 3 tahun dan/atau cocok untuk investor dengan profil risiko konservatif. 

Reksadana Campuran

Reksadana Campuran adalah Reksadana yang melakukan investasi pada Efek bersifat ekuitas, Efek bersifat utang, dan/atau instrumen pasar uang dalam negeri yang masing-masing paling banyak 79% (tujuh puluh sembilan persen) dari Nilai Aktiva Bersih, dimana dalam portofolio Reksadana tersebut wajib terdapat Efek bersifat ekuitas dan Efek bersifat utang. Jenis Reksadana ini cocok untuk investasi dengan jangka waktu 3 - 5 tahun dan/atau cocok untuk investor dengan profil risiko moderat.
 
Reksadana Saham

Reksadana Saham adalah Reksadana yang melakukan investasi paling sedikit 80% (delapan puluh persen) dari Nilai Aktiva Bersih dalam bentuk Efek bersifat ekuitas. Jenis Reksadana ini cocok untuk investasi dengan jangka waktu >5 tahun dan/atau cocok untuk investor dengan profil risiko agresif.

Potensi Imbal Hasil dan Resiko

Dengan mempertimbangkan kebijakan investasinya, setiap jenis Reksa Dana memiliki potensi imbal hasil & risiko sebagai berikut :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar